Skip to main content

Pengeluaran Rumah Tangga 8-31 Dec 2018 & Menu Mingguan Ekonomis Keluarga 3 orang | Challenge Mencatat

Menu Minnggu 1 aku ga catat
Belum niat, January 2019 akan kucatat semua

Judulnya memang ekonomis , entah apakah bisa sependapat dengan ibu2 semua. Ekonomis disini maksud saya dibandingan dengan keluarga lain yang penghasilannya setara dengan aku , aku termasuk murah . Belum berani ngomong penghasilan ku disini karena takut disangka pamer , tapi sebagai bayangan aku ceritakan keluargaku dulu ya

Saya dan suami sama2 lulusan S1 ITB  , suami bekerja , saya juga bekerja sebagai consultan Oriflame yang kalau kata teman2 saya , sudah cukup sukses karena sudah berhasil ke luar negeri.  Yang jelas pendapatan kami berdua lebih dari10 juta ya.
Pendidikan terakhir kami S2 karena tuntutan profesi sebagai dosen (yg berfungsi sebagai pendapatan ke 2 kami)

Bagi teman2 yang penghasilan keluarganya kurang dari 10 juta , postingan ini tidak bermaksud menyinggung tapi s<10 baca2="" bisa="" blog="" disini="" juta="" mbak="" nbsp="" p="" rinda="">aya ingin memberikan perbandingan dan cerita lain melalui blog saya , bagi yang penghasilan keluarganya 10 juta ke bawah akan bagus sekali membaca postingan mbak Rinda , karena beliau banyak memberi tips  Saya tinggal di Bintaro , Tangerang Selatan, Bukan bermaksud untuk pamer , uang sekolah anak saya 1,5 juta/bulan termasuk catering ( 80% lulusan TK anak saya menyekolahkan ke sekolah dengan biaya 5 juta/bulan ,misalnya High Scope , Mentari ) ditambah les kumon dan vokal 800 ribu. Semoga teman2 bisa kebayang ya saya berada di status ekonomi mana , saya sendiri merasa ada si status ekonomi B menengah

Sebenernya postingan ini dipicu oleh postingan mbak Rinda soal challenge dapur 500K tapi dengan harga jakarta dan kebutuhan Sayur , Protein Hewani , Buah dan Snack sulit sekali buat saya , 500 ribu per bulan bisa dicapai kalau lauk hanya seputar tahu , tempe , telur dan 1 lauk sekali makan . Kebiasaan makan saya adalah 1 Lauk Protein Hewani / Nabati , Telur , Sayur dan makanan manis penutup entah itu kue , permen , jus buah , coklat .

Total Belanja Bulan Desember saya 1.7 juta itu termasuk :
5 kg beras putih
2 kg beras coklat
8 galon air aqua
2 kg daging cincang
5 kg telur
1/4 kg udang
50 butir baso sumber selera
1 bungkus mi basah
1 botol kecap asin
1 kg saus tomat
1 bungkus tepung beras
1 bungkus tepung ketan
2 bungkus spageti
6 bungkus Mi Instan
2 Bungkus Royco Nasi Goreng
2 liter mintak goreng Barco
5 bungkus permen
4 Sun Kara
1 kelapa segar
2 bungkus sari roti tawar gandum
1 Liter So Klin Mesin Cuci Bukaan Depan
1 Sunlight 800 ml
1 Hit ukuran kecil
1 Napthtalene Ball
Buah (ini saya ga catat) next akan saya catat detail
Sayuran , Tempe dan Tahu (saya belum detail catatnya)
Snack2 kalau pas ke supermarket dan anak ikut / saya yg pengen

Menu Minggu 2
Spageti (1/2 kg daging)
Perkedel Tahu Panir
Daun Singkong (dr kebun)
Tahu Terong bumbu Kari Thailand 4 rb , 3 rb santan , 8 rb tahu
Tumis Tekwan (dikasih)
Mi Goreng (Bakso 6)
Steak Ayam (sisa ayam minggu lalu)
Telor Dadar Kol
Okonomiyaki


Menu dan Belanja Minggu 3
> Semur Kentang dan Daging Cincang
> Burger ( 1/2 kg daging)
> Pompom Potato Quick Melt 12 rb kentang
> Telor Dadar Kol
> Okonomiyaki
> Tempe Panir
> Bayam Rebus
> Tempe

Snack Minggu 3
Roti Kentang
Bubur Sumsum
Roti Tawar Isi Keju Lumer

Belanja Minggu 3
-  Terong
- Bayam
- Daun Bawang
- Kol 1/4
- Bumbu Balado : Cabe Besar 5 , Bawang Merah 5
- Sawi Tahu -- Sawi Tahu Baso
- Bombay 1/4
- Buncis
- Kelapa
- Tepung Ketan , Beras , Maizena , garam
- udang 1/4
- Tempe

Jajan Minggu 3
Crepes 24 rb nunggu dedi meeting
Cheetos 6 rb waktu jalan2 ke PIM sepulang ngajar
Makan Siang Senin fayza : 5 rb tahu crispy , 14 rb Indomi
Bakwan 12 rb + Es 2 rb

Menu dan Belanja Minggu 4
Senin : Tumis Sawi Baso Tahu Daging Cincang
Selasa : Pecak Terong
31 Des Senin : Balado Kentang Udang , Mie Rebus , Dadar Telur Kol

Burger Steak sisa makan2
- Balado Kentang Udang
- Tempe Goreng
- Brownies
- Cendol Nutrijel
Pemberian : Spageti


Makan di Luar
Minggu 1 :
Bubur Ayam 12 rb
1 gelas Kopi 10 ribu
4 pcs kue medan 19 rb
Cakwe 4 rb
2 Mi garing + 3 bakso ayam 94 ribu
2 Es Krim
Total 149.000

Minggu 2
Bakwan 3 pcs + es : 14 rb

Minggu 4
Senin 24 : Lunch Belut Rawamangun 133 rb
Selasa 25
Rabu 26 Lunch dan Dinner
Kamis 27
Jumat 28 Bikin Acara Makan d Rumah
Sabtu 29
Minggu 30 Lunch : Ditraktir
Senin 31

Ini saya ada yg lupa catat , 2x anak ikut saya ngajar dan jajan , kenapa ga saya catat , karena pake uang saya pribadi. Total Jajan 338.400 jumlah yang cukup kecil untuk bulan december. Dikarenakan suami punya deadline kerjaan dan saya juga , jadi kami memang ga pergi2.

Secara target sih terpenuhi karena budget bulanan untuk : belanja 2 juta , untuk makan di luar saya belum tentukan tapi saya sudah sisihkan 500 ribu /bulan , kalau kurang saya bisa tambahkan , karena buat saya makan di luar itu bukan "makan"nya tapi momen kebersamaannya , sehingga perlu saya upayakan.

Hope the best for january 2019 . pengen bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk di masa depan / liburan. Bagaimana dengan budget belanja teman2 disini ?








Popular posts from this blog

Support Join Oriflame : Banner Jualan Khusus Sosmed | Cara Mengedit Foto di Picsart

Apabila bergabung di Oriflame di grup saya maka disediakan Banner Katalog Bulanan seperti ini. Kita tambahkan nama dan foto kita pribadi agar lebih terlihat profesional  Contoh Banner Jualan yg akan diberikan ketika anda bergabung dengan saya   Nah  disini saya akan memberi tau Tutorial Edit Gambar Memakai Pics Art :  Step 1 : Donlot Aplikasi PicsArt dari Play Store  Step 2. Buka Aplikasi PicsArtnya  Step 3. Pilih gambar yang akan di edit , lalu klik EDIT   Step 4 : Klik add photo , kalau mau pakai foto , kalau ga mau pakai foto ya kasih text aja  Step 5 : Klik S'shape" utk membentuk foto , kenapa harus taruh foto ? ya biar inget aja sama kita yang ditawarin hihi jadi ga pesen sama yang lain , karena konsumen ngerasanya mah sama aja mau pesen sama a atau b , hihi tapi kan kalau pesan sama a duitnya kan ga ke b yah ? hihi curcollll Step 6 : Pilih bentuk fotonya , biar cakep , bebas mau pilih apa , kotak / segitiga / lingkaran, kali i

Review Lot 9 Bintaro | Archita Desia

Biasa di Bintaro kalo ada tempat baru pasti pengen nyoba , tapi saya bukan tipe yang bisa makan santan , terlalu asin dan berminyak . Jadi suka bingung aja gimana ya mau nyobain ke Lot 9 ini . Nah jadi saya 4x ketempat ini tapi ga pernah foto haha , pertama pas datang Arisan DeJait yaitu geng les jahit saya , ke 2-3 waktu meeting bersama teman saya , dan yang ke 4 waktu sama Isti , member saya yang tinggal di Condet , katanya sih mau foto2 aja .. asikk ada temen Jadi sebenernya kita kesini untuk keperluan foto Oriflame sih hih jadi ada beberapa yang saya tidak capture karena kita fokus foto2 diri sendiri aja , jadi ada beberapa yg saya ambil dari google ya .  Berikut laporan saya yg seadanya :D  Kalau kita jalan dari arah Total Buah , anda akan melihat sebuah plang dan 1 jalan masuk yang hanya muat untuk 1 mobil .  Plang tanda masuk  Nah jangan terkejut sodara2 begitu anda masuk , maka situasi akan berubah ... ciyee kaya satria baha hitam aja berubah wkwkw ,

Archita Desia #13 Top 15 Rawamangun 2017

Ga nyangka banget bisa jadi bagian dari Top 15 di tahun 2017 Tahun 2014 grup ku anjlok dari 4 kaki 21% + 5 dan 6 18% jadi 2 kaki 21% saja , kaki 5 dan 6 turun ke 9% . Jadi di tahun 2015 PR ku ini adalah menjadikan kaki 3 dan 4 ku kembali di angka 10.000 BP  Dan kerja keras itu berhasil di bulan December tahun 2015 kaki 3 dan 4 ku kembali di angka 10.000 . Pengennya sih tahun 2016 bisa membuat kaki 5 dan 6 21% tapi mentok di angka 12% 2-2 nya.  Tapi ternyata aku masih berkesempatan untuk jadi Top 15 di cabang Rawamangun , alhamdullilah seneng banget . Beginilah bisnis naik turun , jangan lihat leader dari enaknya doang , perjalannya bisnisnya pasti penuh cobaan ko. Tidak ada bisnis yg ongkang2 kaki heheh ...  Bagi yang belum paham Oriflame pasti bingung yah , apa itu 21% , 18% dan 12%  Itu adalah bagian dari Sucess Plan Oriflame  Cara bacanya gini :  Konsultan 3% adalah seorang member Oriflame yg punya penjualan grup minimal 200 BP . Penjualan grup itu b