Skip to main content

100 roti dan 100 brownies

Salut untuk yang udah sering buat pesanan... buat beginian bukan untuk pesenanloh tapi untuk... sesajen temen2 kantor ketika saya berulang tahun... karena yang harus diberi makan ada 100 orang maka jadilah saya membuat 2 macam kue yaitu brownies ( yang gampang) dan roti keju untuk snack asinnya.

Yang diatas ini adalah Brownies Pennylane seperti biasa... kalo aku suka yang agak fudgy ditengah ( tapi kebanyakan orang mengirakue ini belu matang ( capek dehhhh)


Kalo yang ini roti keju pake resep roti manisnya NCC ini tak kopiken resepnya
Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula
100 gr mentega
11 gr ragi instant
½ sdt bread improver
4 btr kuning telor
300 ml air es
½ sdt garam
Cara membuat:
Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
Adonan siap dibentuk-bentuk.
Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, lalu oven hingga matang.
Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja kalai adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit.
TIPS buat roti:
1. Siapkan semua bahannya di atas meja, jangan sampai ada yang ketinggalan meski garam sekalipun. ( biar ga kelupaan masukkinnya)
2. Jangan utak - atik resep seenaknya ( terutama nambahin tepung dan cairan) harus hati2 mending ikutin dulu resepnya kalo ga okeh.. baru direvisi.
Kadang ada yang ga mau masukkin garem takut hipertensi atau ga masukkin gula takut diabetes.
Tapi garam itu kalo lupa dimasukkin fatal akibatnya: karena fungsi garam menyerap air , maka kalo kita lupa masukkin adonan kaan jadi encer dan kalo dipanggang meleber dan keras.
Gula juga begitu... kita harus masukkin gula barang sedikit, karena fungsi gula adalah memberi makan pada ragi agar dia bisa berkembang biak ( dan membuat roti kita menul2 )
Kalo kurang tepung dan kurang air ada baiknya teman2 adjust ( sesuaikan) di belakang ketika semua bahan sudah masuk.
3. Perhatikan pada saat proses pemanggangan ( jangan ditinggal-tinggal) karena roti itu ceoet matengnya , jangan dipanggang kelamaannya nanti keras loh ( dan gosong tentunya)
Pake suhu 180 C dan selam 10 - 20 menit ( kalo atasnya belum coklat pake api atas , kalo ga ada api atas mending dikeluarin ajah daripada gosong)
Kenapa manggang roti ga boleh kelamaan?
Karena roti itu mengandung banyak air dan air tersebut mempengaruhi kelembutan roti.
Ketika roti dipannggang terlalu lama ( apalagi dengan suhu rendah) maka uap air yang terkandung di roti jadi menguap dan hal ini membuat roti kita jadi keras.
4. Bikin roti mending di pagi hari ato siang hari jam 12 tapi suhu terbaik adalah saat kita start jam 10 pagi. Kan jam 10 kita mulai tuh... siap2 nyiapin alat ( yan gtercerai berai entah dimana) siapin bahan ( kadang suruh si embak untuk belidi warung kalo ada yang ketinngalan) dan baca- baca resepnya ( bahkan nyari lagi kalo emang ga pede ama resep yang kita punya hehehhe...), M
Kira- kira jam 12 lah adonan pasti sudah siap untuk dikembangkan .. nah pada saat itu suhu untuk ragi lagi pas2nya ( hangat dan panas)... si roti pasti cepet ngembang.
Temen2 cobain deh buat roti di malam hari ( kalo ga frustasi... gw ampe nyalain oven trus naro adonan di atas oven biar adonan cepet naik)
4. Peralatan??? ya memang ga berbohong sih kalo punya mikser Bosch emang lebih oke... tapi ga perlu kecewa sampai nagis- segala kalo ga punya mikser Bosch ... Karena... yang namanya nguleni kan tetep sama dong caranya .. ibaratnya gini : tu adonan mau ditarik2 pake tangan sama pake mesin kan sama sakitnya bukan ehhehehe....
Cuman mungkin... konsistensi tarikannya itu yang berbeda... bisa diakali dengan menguleni adonan pake tangan secara konsisten baik tekanan maupun kecepatan.....
hehehe... bukan sok tau nih.. dan menggurui tips2 ini berasal dari pengalaman bikin roti dari mulai kelas 6 SD , dulu Tante ku yang dari Ostrali ngajarin bikin roti pas dapurku masih beralas semen dan pake oven tangkring serta mixer miyako yang kalo dipake lama dikit udah tercium bau gosong... sering banget biikin roti waktu itu biar empuk harus pake kuning telor 8 biji dan mentega yang rada banyak.. trus mixer dimatiin gantain sama tangan nguleninnya. Manggang roti harus gantian dan diintip- gitu sama feeling juga sih soalnya kacanya kan burem ( pas dibuka gosong... sebel) pokonya kalo pake otang duh harus telaten bener....
Alhamdullilah waktu itu beli standing oven ( mama yang beli bukan gw) .. uhuy... agak kinclong dikit deh kacanya.. bisa intip2 di dalemnya ( ada lampunya lagi.. jadi terang...) hehehehe... tapi tetep mixer miyako... hiks.... Eh... ndlalah mama beli mixer akebono ( yiha... agak kuat dan halus gitu adonan rotinya ) cuman maksimal adonan roti cuma 200 gr .. yey.. sama juga boong ... kalo bikin roti kan mending banyak sekalian capeknya sekalian... Hiks... masih sebel... Dann yang paling membahagiakan adalah waktu mama beli mixer Bosch.. oh idamanku berada dipangkuanku.. pokoknya mah kalo pake mixer ini tinggal cemplung2 udah jadi.. yang mesti dilatih adalah feeling pada saat menentukan ni adonan udah kalis belon.. pertlu ditambah tepung ato air.... ???
Begono... mungkin temen2 bingung yah... ko peraklatan semua punya mama ( mamanya bikin kue dan masak2??????) jawabannya adalah: TIDAK... MAMAKU TIDAK MEMAKAI SEMUA PERALATAN ITU.. YANG MEMAKAI ADALAH ANAKNYA YANG IMUT INI.. MAMA HOBI BELINYA AJAH.. ANAKNYA YANG KECIPRATAN REZEKI.. HIDUP MAMAH......
Okeh sekian dulu curhatanku...



Comments

Popular posts from this blog

Support Join Oriflame : Banner Jualan Khusus Sosmed | Cara Mengedit Foto di Picsart

Apabila bergabung di Oriflame di grup saya maka disediakan Banner Katalog Bulanan seperti ini. Kita tambahkan nama dan foto kita pribadi agar lebih terlihat profesional  Contoh Banner Jualan yg akan diberikan ketika anda bergabung dengan saya   Nah  disini saya akan memberi tau Tutorial Edit Gambar Memakai Pics Art :  Step 1 : Donlot Aplikasi PicsArt dari Play Store  Step 2. Buka Aplikasi PicsArtnya  Step 3. Pilih gambar yang akan di edit , lalu klik EDIT   Step 4 : Klik add photo , kalau mau pakai foto , kalau ga mau pakai foto ya kasih text aja  Step 5 : Klik S'shape" utk membentuk foto , kenapa harus taruh foto ? ya biar inget aja sama kita yang ditawarin hihi jadi ga pesen sama yang lain , karena konsumen ngerasanya mah sama aja mau pesen sama a atau b , hihi tapi kan kalau pesan sama a duitnya kan ga ke b yah ? hihi curcollll Step 6 : Pilih bentuk fotonya , biar cakep , bebas mau pilih apa , kotak / segitiga / lingkaran, kali i

Review Lot 9 Bintaro | Archita Desia

Biasa di Bintaro kalo ada tempat baru pasti pengen nyoba , tapi saya bukan tipe yang bisa makan santan , terlalu asin dan berminyak . Jadi suka bingung aja gimana ya mau nyobain ke Lot 9 ini . Nah jadi saya 4x ketempat ini tapi ga pernah foto haha , pertama pas datang Arisan DeJait yaitu geng les jahit saya , ke 2-3 waktu meeting bersama teman saya , dan yang ke 4 waktu sama Isti , member saya yang tinggal di Condet , katanya sih mau foto2 aja .. asikk ada temen Jadi sebenernya kita kesini untuk keperluan foto Oriflame sih hih jadi ada beberapa yang saya tidak capture karena kita fokus foto2 diri sendiri aja , jadi ada beberapa yg saya ambil dari google ya .  Berikut laporan saya yg seadanya :D  Kalau kita jalan dari arah Total Buah , anda akan melihat sebuah plang dan 1 jalan masuk yang hanya muat untuk 1 mobil .  Plang tanda masuk  Nah jangan terkejut sodara2 begitu anda masuk , maka situasi akan berubah ... ciyee kaya satria baha hitam aja berubah wkwkw ,

Archita Desia #13 Top 15 Rawamangun 2017

Ga nyangka banget bisa jadi bagian dari Top 15 di tahun 2017 Tahun 2014 grup ku anjlok dari 4 kaki 21% + 5 dan 6 18% jadi 2 kaki 21% saja , kaki 5 dan 6 turun ke 9% . Jadi di tahun 2015 PR ku ini adalah menjadikan kaki 3 dan 4 ku kembali di angka 10.000 BP  Dan kerja keras itu berhasil di bulan December tahun 2015 kaki 3 dan 4 ku kembali di angka 10.000 . Pengennya sih tahun 2016 bisa membuat kaki 5 dan 6 21% tapi mentok di angka 12% 2-2 nya.  Tapi ternyata aku masih berkesempatan untuk jadi Top 15 di cabang Rawamangun , alhamdullilah seneng banget . Beginilah bisnis naik turun , jangan lihat leader dari enaknya doang , perjalannya bisnisnya pasti penuh cobaan ko. Tidak ada bisnis yg ongkang2 kaki heheh ...  Bagi yang belum paham Oriflame pasti bingung yah , apa itu 21% , 18% dan 12%  Itu adalah bagian dari Sucess Plan Oriflame  Cara bacanya gini :  Konsultan 3% adalah seorang member Oriflame yg punya penjualan grup minimal 200 BP . Penjualan grup itu b