Skip to main content

Steak Untuk 20 porsi Modalnya 422 ribu ?? Bayangan Biaya Menjamu 20 Tamu dengan Menu Hamburger Steak


Hari Jumat tgl 28 Dec keluarga besar Ayah saya ingin mau ke rumah dan sudah dipesan untuk membuatkan makan , total orang yang akan datang 17 orang (termasuk keluarga saya) sebenernya sih bisa saya pesan makanan dari luar , tapi ko rasanya kurang istimewa (selain mahal tentunya wkwkw ) jadi saya putuskan untuk membuat makanan sendiri .

Diputuskan untuk membuat steak daging giling / hamburg Steak dengan alasan CUMA ITU yang saya piawai masaknya , sudah saya bikin berkali2 , suami dan anak senang. Biasanya kalau untuk makan di rumah saya cuma bikin patty + keju lumer saja , kasi saus tomat , semua gembira. Resep saya juga sederhana : 
1 kg daging giling 
1/2 kg bawang bombay 
1/2 buah pala diparut 
Garam dan Lada
2 Butir Telur 

Cara membuat : semua bahan diaduk , timbang 100 gr , oven selama 10-20 menit, bisa dipanaskan di teflon tanpa penambahan minyak 

Saya sengaja tidak pakai tepung panir karena menurut saya rasanya jd kurang enak , jadi rasa tepung bukan daging , jadi volume diperbanyak dengan bawang bombay + telur saja. Untuk makan di rumah adonan saya timbang per 100 gr karena kan dimakan dengan lauk lain / ceplok telur . Percayalah ibu2 burge + ceplok telur 1/2 matang + keju + tomat + rebusan bayam udah enak banget ga usa pake saus jamur juga udah enak . Tetapi karena ini istimewa maka 1 piring Hamburger Steak berisi :
1 Hamburger Steak 
1 Sosis
Buncis + Wortel rebus 
Kentang Goreng 
Keju Slice Lumer (saya beli di TBK merk anchor yg red cheese slide) 
Saus Jamur 

Agak banyak nih perintilannya , yah namanya juga menjamu tamu , pemilihan menu saya pilih juga berdasarakan pertimbangan IMAGE yg muncul di mata tante dan om saya , kalau saya kasi terlalu sederhana saya juga khawatir akan omongan yang ditimbulkan. Selain saya juga belum bisa masak Soto Ayam , Rawon alias "one bowl" menu nusantara .. bikin spo buntut lebih mahal lagi ... bisa berabe deh ... 

Nah beikut bahan utama yg dibutuhkan + harga Tangerang Selatan aka Bintaro 

Untuk Menu Utama : Hamburger Steak dgn berat 120 gr
Biasanya memang saya timbang 100 gr , tapi sekali lagi karena ini acara istimewa dan saya ga mau dibilang pelit maka burgernya per pcs beratnya 120 gr dalam keadaan mentah
  • Sosis Merk Kanzler 100 rb 18 pcs (sedang sale)
  • Daging Giling 1,5 kg , per kg 85 rb total , 127.500 . 750 gr untuk hamburger steak , 250 gr untuk saus jamur
  • Bawang Bombay 1 kg , Buncis 6 ons , Wortel 6 ons , 3 bahan ini 45 rb 
  • French Fries 2 kg 71 rb
  • Krim Kental 48 rb 
  • Jamur Champignon 250 gr 19 rb
  • Keju 50 rb / isi 27 pcs 
Total Belanja untuk Menu Utama Hamburger Steak 422 ribu , menghasilkan 20 hamburger steak , 18 potong sosis

Yang saya punya di rumah : Garam , Lada , Telur 6 butir , maizena


Untuk saus jamur resepnya masih kira2 tapi kurang lebihnya seperti ini :
250 gr b bombay saya panaskan dengan minyak yg keluar ketika saya mengoven hamburger (apabila masak pakai teflon , ketika ada kelebihan minyak yg keluar langsung sisihkan , kalo sulit ya tumis aja sama minyak bawangnya) , tambahkan jamur yg sudah diiris tips , tambahkan air kira2 1 - 1.5 liter , kalau saya kmrn ga ngukur pasti (nanti saya ukur kalau saya pas masak) , tambahkan krim kental , kentalkan dengan larutan maizena , saya ga tau pasti ukurannya karena saya tambahkan per 1 sdm tepung + air , kalau saya rasa cukup saya berhenti. 

Di postingan ini saya ga akan bahas detail masaknya , temen2 bisa lihat di Youtube / Cookpad untuk versi lebih jelas search dengan kata kunci "Burger Steak" "Hamburger Steak" "Steak Daging Giling"
Karena kemarin itu baru percobaan pertama . 

Saya kasi referensi dari Diah Didi ya , tapi dia pake tepung panir , klik disini 
Kemarin saya saking sibuknya sampe ga sempet foto , jadi sekali lagi saya pakai foto Burger Steak Diah Didi aja ya biar teman2 ada bayangan

Si Burger Steak Tujuan Saya

Total Tamu 17 orang , Saya membawakan adik saya 1 Burger Steak + 1 Sosis + 1 Kg French Fries Mentah sebagai oleh2 , 2 tante saya berikan cendol nutrijel 1 tempat makan lengkap dengan gula + santannya untuk dimakan di rumah 

Kelebihan Belanja : 1 Kg French Fries , tadinya saya beli 2 kg cuma di tengah jalan ko rasanya kurang saya minta tolong suami untuk beli 1 kantong , eh dia beli 2 kantong , ya gpp kita makan sendiri juga bisa. 

Sisa di rumah : 3 Burger Steak , semangkuk saus jamur ,  sayuran rebus untuk 4 porsi , french fries untuk 1,5 porsi , keju 9 lembar , yang semuanya masih bisa dimakan (karena orang rumah belum bosan) . French Fries akan saya goreng utk snack tambahkan bubuk tabur indofood keju + Mayones Mayumi yg sachet kecil . Sisa Keju 6 lembar dimakan bersama nasi + telur dadar ( tambahkan keju diatas nasi + telur dadar, microwave maka keju akan meleleh membasahi nasi + telur , kesukaan anak saya ini) 

Kelemahan masak sendiri di rumah adalah KELEBIHAN MAKANAN , iya memang kita bisa simpan tapi kan orang di rumah BOSAN , jadi saya senang sekali nemu format resep yang sisanya dikit kaya gini. 

Acuannya Gini : 
1 kg daging + 1/2 kg bawang bombay jadi 20 pcs burger dgn berat 120 gr mentah 
1 kg french fries untuk 9 orang , saya kemaren ga nimbang , tapi kira 100-120 gr per porsi 
6 ons buncis + 6 ons wortel bisa untuk 20 porsi , per porsi 60 gr - 100 gr aja , hati2 sama orang yang memang ga suka sayur jadi ga akan dimakan 

Dengan acuan seperti itu kita akan enak merencanakan belanjaan , TAU JUMLAH PASTI nya , biaya makan2 keluarga besar bisa saya tekan di angka 422 ribu saja . Kalau mau lebih murah bisa hilangkan sosis / keju nya , krim kental bisa diganti dengan susu UHT 2 kotak ukuran 250 ml , saya sih belum coba tapi saya rasa akan sama enaknya. Karena keju mahal 50 ribu 27 lembar , krim kental 48 ribu kalau 2 item ini dihilangkan maka biaya bisa lebih murah lagi. 

 Sosis juga bisa pilih merk lain , kalau saya sukanya merk Kanzler , Kimbo juga udah enak ko.  Saya berikan link website Kanzler di sini ya , saya pakai Garlic Frankfuter 300 gr 6 pcs , per bungkusnya 40 rb an kalau ga salah , saya beli pas diskon , tapi merk Kimbo / Prima juga enak ko 

Lalu gimana caranya ngepasin si sosis ? Dalam kasus saya karena tamu saya 17 orang , dengan sosis yang 18 ya cukup . tapi kalau misal tamu saya 20 maka sosisnya akan saya tumis bersama bawang bombay , saya akan timbang sosisnya misal 500 gr sosis , maka bawang bombaynya 125 gr. Pakai rasio 1:1/4 , jadi dalam kasus saya 900 gr sosis , maka bawang bombaynya 200 gr , lalu saya timbang deh per porsi 60 gr. 

Kalau mau pake tepung panir sebagai campuran hamburger steaknya juga silahkan , pasti lebih murah lagi , ini saya berikan gambaran untuk menu Hamburger Steak yang Lengkap dengan bahan Premium. (ingat tamunya bude dan pakde saya yang dihormati, rumah saya kecil kalau dibandingkan orang tua saya , jadi saya sangat menjaga nama baik dalam kasus ini) Ditambah lagi acara ini untuk merayakan ulang tahun saya + anak saya , FYI tiap ultah saya pasti keluar duit 1juta an untuk acara makan2 , tadinya sih adik saya udah minta makan di luar tapi berhubung saya bulan November banyak pengeluaran ya saya mikir untuk masak aja. 

Lalu Gimana dengan Minum ? 
saya beli es batu 10 ribu , buat es teh 
Formula es teh saya , 1 liter air gulanya 8 sdm  , kalikan aja butuhnya bikin berapa liter, kalau mau manis lamat2 gulanya peres , kalau sukanya manis nendang gulanya munjung 


Lalu Dessertnya / Seger2nya selain es teh? saya bikin cendol nutrijel karena saya punya tepung beras dan pewarna hijau , daun panda beli 2000 perak , cukup untuk bikin air pandan sebagai campuran cendolnya agar wangi semerbak pandan . Saya juga punya gula merah san santan . Tadinya saya berencana untuk beli buah kaleng del monte campur nata de coco , tapi del monte itu mahal 60 ribu .. kalo ga kemakan kan garuk2 tanah saya ... 

saya pakai resep di Cookpad "Cendol Nutrijel" dengan komposisi resep sbb : 
  • 1 bks Nutrijell 
  • 2 sdm gula 
  • 4 sdm tepung beras 
  • 500 ml air pandan (blender air pandan + air) 
saya bikin 3 resep (karena untuk oleh2 juga jadi saya udah jaga2 kalau emang ga dimakan ya buat buah tangan) , untuk cendol yg nyentuh cuma adik saya , sebenernya saya lupa sih nuangin ke gelas2 dan bagiin ke tamu2 , soalnya pada bilang udah kenyang sih .. kan sayang diambilin tp ga dimakan. 

jadi akhirnya 1 resep untuk saya , 2 resep untuk bude dan saya cuma mengeluarkan uang 15 ribu rupiah untuk beli 3 bungkus Nutrijel , untuk cara pembuatan temen2 bisa googling sendiri yah saya sendiri kemarin masih merasa gagal , sudah saya tuag di cetakan cendol , tapi bentuk ga bisa kaya cendol dr tepung beras itu , tapi yah eatable lah.. alias masih bisa ditoleransi dan dimakan karena beneran HARUM PANDAN , jd jangan skip air pandannya yah untuk 500 ml air saya pakai 10 lembar pandan 

Modal acara kemarin 
422 ribu : belanja menu setal 
15 ribu : cendol 
30.500 : French Fries Mentah 1 kg 

Loh Camilannya ? saya ga sediakan takut ga kemakan , saya sediakan 1 toples besar kerupuk kulit (yang saya udah punya ) dan 3 macam permen , kopiko - tamarin - blazter (yang saya sudah punya juga) . Emang nyambung kerupuk kulit sama steak ? hehe saya sih ga mikir nyambung ga nyambung , saya ga pengen ngeluarin uang tambahan lagi karena untuk cemilan resiko ga kemakannya gede jadi saya pakai yg ada saja , sebenernya saya masih punya brownies di kulkas kalau kurang saya bisa potong , brownies itu emang selalu ada di kulkas untuk cemilan suami saya ( dia belum bosan , saya bikinkan bolu air ga kemakan , lebih senang brownies) 

Total pengeluaran saya kemarin : 467.500 
Saya sih bangga banget karena saya selalu ajak keluarga inti (papa , mama, adik + suaminya + mbaknya + saya , suami , anak) ke Hollycow Steak dan percayalah pasti 1 jutaan lebih .. apalagi 17 orang.. 2 juta... ??? 

Ada yang mau share Hitungan Menu Lain ? 



Popular posts from this blog

Support Join Oriflame : Banner Jualan Khusus Sosmed | Cara Mengedit Foto di Picsart

Apabila bergabung di Oriflame di grup saya maka disediakan Banner Katalog Bulanan seperti ini. Kita tambahkan nama dan foto kita pribadi agar lebih terlihat profesional  Contoh Banner Jualan yg akan diberikan ketika anda bergabung dengan saya   Nah  disini saya akan memberi tau Tutorial Edit Gambar Memakai Pics Art :  Step 1 : Donlot Aplikasi PicsArt dari Play Store  Step 2. Buka Aplikasi PicsArtnya  Step 3. Pilih gambar yang akan di edit , lalu klik EDIT   Step 4 : Klik add photo , kalau mau pakai foto , kalau ga mau pakai foto ya kasih text aja  Step 5 : Klik S'shape" utk membentuk foto , kenapa harus taruh foto ? ya biar inget aja sama kita yang ditawarin hihi jadi ga pesen sama yang lain , karena konsumen ngerasanya mah sama aja mau pesen sama a atau b , hihi tapi kan kalau pesan sama a duitnya kan ga ke b yah ? hihi curcollll Step 6 : Pilih bentuk fotonya , biar cakep , bebas mau pilih apa , kotak / segitiga / lingkaran, kali i

Review Lot 9 Bintaro | Archita Desia

Biasa di Bintaro kalo ada tempat baru pasti pengen nyoba , tapi saya bukan tipe yang bisa makan santan , terlalu asin dan berminyak . Jadi suka bingung aja gimana ya mau nyobain ke Lot 9 ini . Nah jadi saya 4x ketempat ini tapi ga pernah foto haha , pertama pas datang Arisan DeJait yaitu geng les jahit saya , ke 2-3 waktu meeting bersama teman saya , dan yang ke 4 waktu sama Isti , member saya yang tinggal di Condet , katanya sih mau foto2 aja .. asikk ada temen Jadi sebenernya kita kesini untuk keperluan foto Oriflame sih hih jadi ada beberapa yang saya tidak capture karena kita fokus foto2 diri sendiri aja , jadi ada beberapa yg saya ambil dari google ya .  Berikut laporan saya yg seadanya :D  Kalau kita jalan dari arah Total Buah , anda akan melihat sebuah plang dan 1 jalan masuk yang hanya muat untuk 1 mobil .  Plang tanda masuk  Nah jangan terkejut sodara2 begitu anda masuk , maka situasi akan berubah ... ciyee kaya satria baha hitam aja berubah wkwkw ,

Archita Desia #13 Top 15 Rawamangun 2017

Ga nyangka banget bisa jadi bagian dari Top 15 di tahun 2017 Tahun 2014 grup ku anjlok dari 4 kaki 21% + 5 dan 6 18% jadi 2 kaki 21% saja , kaki 5 dan 6 turun ke 9% . Jadi di tahun 2015 PR ku ini adalah menjadikan kaki 3 dan 4 ku kembali di angka 10.000 BP  Dan kerja keras itu berhasil di bulan December tahun 2015 kaki 3 dan 4 ku kembali di angka 10.000 . Pengennya sih tahun 2016 bisa membuat kaki 5 dan 6 21% tapi mentok di angka 12% 2-2 nya.  Tapi ternyata aku masih berkesempatan untuk jadi Top 15 di cabang Rawamangun , alhamdullilah seneng banget . Beginilah bisnis naik turun , jangan lihat leader dari enaknya doang , perjalannya bisnisnya pasti penuh cobaan ko. Tidak ada bisnis yg ongkang2 kaki heheh ...  Bagi yang belum paham Oriflame pasti bingung yah , apa itu 21% , 18% dan 12%  Itu adalah bagian dari Sucess Plan Oriflame  Cara bacanya gini :  Konsultan 3% adalah seorang member Oriflame yg punya penjualan grup minimal 200 BP . Penjualan grup itu b