Skip to main content

Dosen Berpenghasilan Sampingan 20 juta/bulan

Bagi anda yang berprofesi dosen wajib baca artikel ini

Kenalkan saya Archita Desia seorang dosen yang mengajar di kampus Budi Luhur , Ciledug
Untuk lebih jelasnya tentang kampus saya bisa klik website ini https://www.budiluhur.ac.id/
Lebih detail tentang kampus Budi Luhur bisa lihat disini https://www.budiluhur.ac.id/tautan/

Saya lampirkan NIDN saya ya



Sebagai seorang dosen saya merasa apa yang saya keluarkan dengan yang saya dapatkan cenderung kecil. Saya membandingkannya dengan pekerjaan saya yang dulu. Saya pernah bekerja di perusahaan multinasional bernama Jhonson and Jhonson di tahun 2005 gaji /bulan sudah 7 juta/bulan untuk fresh graduate , tahun 2007 saya bekerja di Astra Daihatsu dengan gaji 5 juta/bulan.

Tahun 2008 saya memulai bisnis Oriflame , dalam 1,5 tahun saya bisa mendapatkan penghasilan bulanan 5 juta/bulan maka saya resign dari kantor , waktu berselang dan SAYA BOSAN di rumah saja ,  saya mencari pekerjaan yang flexible dan memanfaatkan ijazah S2 saya. Saya memilih pekerjaan dosen karena pekerjaan ini waktunya flexible , saya ngajar seminggu 1x , masih bisa berkarir (ada jabatannya) dan dekat dari rumah. Orang tua waktu itu juga mendukung karena dosen merupakan profesi yang bisa dibanggakan orang tua? betul ga teman?

Tapi..... ternyata penghasilannya kecil sekali.
1 SKS dihargai 50 rb , untuk universitas lain mungkin malah lebih kecil bisa 30 rb / sks. Mata kuliah saya 3sks, 1 sks 45 menit. Maka saya dibayar 150 rb / 135 menit.
Maximal kelas yang boleh dipegang 1 dosen adalah 5 kelas dalam seminggu , maka dalam 1 bulan penghasilannya adalah  3 juta dari mengajar. Pertemuan maximal dalam 1 semester adalah 12-14 X pertemuan. Berarti akan ada bulan dimana seorang dosen tidak menerima penghasilan dari mengajar.

Tetapi ada penghasilan lain yaitu :
1. NIDN : 500 ribu/bulan
2. Penelitian : 7 juta / penelitian , 1 semester 1 penelitian
3. Jurnal : 700 rb / jurnal , 1 semester 1 jurnal
4. Pengabdian Kepada Masyarakat 4 juta / kegiatan
5. Memeriksa berkas ujian , UTS UAS Tugas , total 10 ribu
6. Menguji Tugas Akhir : 50 rb / anak
7. Membimbing Tugas Akhir : 250 rb / anak
8. Jabatan Fungsional : misal Asisten Ahli , Lektor , Lektor Kepala, Asumsi Asisten Ahli 300 rb/bulan
9. Sertifikasi Dosen : Asumsi 2 juta/bulan
10. Penasehat Akademik : 200 rb /bulan

Jumlah diatas variatif jumlahnya tergantung masing2 institusi. Tapi saya sebagai seorang dosen merasakan bagaimana sulitnya ketika libur kuliah tiba , yang berarti berkurangnya pernghasilan secara drastis di bulan tersebut.

Kembali ke pernyataan saya diatas antara yang saya keluarkan dan saya dapatkan dengan bekerja menjadi dosen kecil sekali , Maksudnya yang dikeluarkan adalah MODAL SEKOLAH S1 dan S2 nya , sekolah 4 tahun dengan uang pangkal minimal 20 juta dan uang semester 7 juta/bulan menghabiskan biaya 76 juta. Belum biaya S2 nya . Bandingkan dengan gajinya ?

Dengan asumsi rata2 penghasilan 3 juta/bulan karena ada masa paceklik dosen yang ga ngajar tapi masih menerima dana2 lainnya ,  maka 76 juta : 3 juta =   butuh waktu 25 bulan untuk BALIK MODAL sekolah S1 , belum S2 nya yah ...

Iya memang benar bahwa Ilmu yang bermanfaat akan menjadi amal jariah kita kelak , tapi realistis saja kita sebagai dosen juga butuh hidup nyaman dan ga sikut2an di fakultas :D

Lalu bagaimanakah solusinya? Entah buat dosen yang lain ya , tapi saya melakukan hal berikut ini :
1. Mengambil semua kesempatan yang diberikan oleh fakultas kecuali menjadi dosen tetap, karena suami tidak memperkenankan saya bekerja full time.
2. Mempunyai bisnis sampingan

Wah apakah masih sempat? Ya HARUS DISEMPATKAN karena kan saya pengen punya penghasilan lebih. Toh bisnisnya ONLINE jadi bisa dikerjakan di Kampus / Rumah.

Saya memilih berbisnis Oriflame , kenapa?
1. Modal memulai relatif kecil , saya dulu memulainya dengan modal 100 ribu untuk pendaftaran dan pembelian katalog , 800 ribu untuk membeli barang ketika ada pesanan
2. Modal kuota , karena saya selalu memakai wifii saya cenderung tidak pernah menghitung beapa pengeluaran internet.
3. Modal belajar , saya selalu belajar ilmu bisnis di tempat lain  walau di Oriflame ada pelatihan gratis kira budget belajar 100-200 rb /bulan.

Lalu apakah menghasilan ? iya sangat
Bulan ke 2 saya berhasil mempunyai tambahan 700 rb /bulan
Bulan ke 18 saya berhasil mempunyai tambahan 5 juta/bulan
Bulan ke 36 naik penghasilan ke 10 juta
Bulan ke 48 penghasilanb saya stabil di rata2 20 juta/bulan

Tanpa screenshoot kan HOAX jadi tidak bermaksud pamer ya , ini saya lampirkan penghasilan bulanan saya bulan Agustus 2019 . Silahkan searching di google PT Orindo Alam Ayu adalah perusahaan yang menaungi Oriflame.





Lalu bisnis Oriflame itu ngapain? intinya sih jualan , tp menurut saya kecil targetnya , penjualan pribadi cuma 1 juta ko , dan kita fokus mencari reseller untuk mendapatkan komisi penjualan grup.

Produknya apa saja? bisa klik link berikut ini

Apabila teman2 dosen yang membaca artikel ini dan berminat berbisnis Oriflame seperti saya silahkan chat saya di Whatsapp 087886861830 , atau klik link ini agar segera terhubung dengan saya




Lebih detail tentang Archita Desia
- Professional Business Coach
- S1 Design Institut Teknologi Bandung
- S2 Managemen Marketing Bisnis 
- 11 tahun jalanin Oriflame  
- 4 tahun fokus menjalankan Oriflame tembus penghasilan 30 juta/bulan
- 5 tahun menjadi dosen design dan bisnis
- tahun 2007 Sebelum Oriflame an saya Manager Sales Jhonson& Jhonson untuk Lion Superindo 
- Menanggilkan jabatan Kepala Public Relation di Daihatsu demi keluarga 
- Peraih Tiket Seminar Director Bali 2010 , 2011, 2012 , 2013 
- Peraih 2 Titlle Achievement 2013
- Peraih tiket Gold Conference Stockholm 2012
- Peraih tiket Gold Conference Dubai 2013
- Peraih tiket Gold Conference Cruise (Spanyol , Perancis , Italia)  2014
- Peraih tiket Gold Conference Mediterania Cruise ( Roma , Athena , Ephesus , Mykonos) 2017  


FB : https://www.facebook.com/architadesia

IG : instagram.com/architadesia






Popular posts from this blog

Support Join Oriflame : Banner Jualan Khusus Sosmed | Cara Mengedit Foto di Picsart

Apabila bergabung di Oriflame di grup saya maka disediakan Banner Katalog Bulanan seperti ini. Kita tambahkan nama dan foto kita pribadi agar lebih terlihat profesional  Contoh Banner Jualan yg akan diberikan ketika anda bergabung dengan saya   Nah  disini saya akan memberi tau Tutorial Edit Gambar Memakai Pics Art :  Step 1 : Donlot Aplikasi PicsArt dari Play Store  Step 2. Buka Aplikasi PicsArtnya  Step 3. Pilih gambar yang akan di edit , lalu klik EDIT   Step 4 : Klik add photo , kalau mau pakai foto , kalau ga mau pakai foto ya kasih text aja  Step 5 : Klik S'shape" utk membentuk foto , kenapa harus taruh foto ? ya biar inget aja sama kita yang ditawarin hihi jadi ga pesen sama yang lain , karena konsumen ngerasanya mah sama aja mau pesen sama a atau b , hihi tapi kan kalau pesan sama a duitnya kan ga ke b yah ? hihi curcollll Step 6 : Pilih bentuk fotonya , biar cakep , bebas mau pilih apa , kotak / segitiga / lingkaran, kali i

Review Lot 9 Bintaro | Archita Desia

Biasa di Bintaro kalo ada tempat baru pasti pengen nyoba , tapi saya bukan tipe yang bisa makan santan , terlalu asin dan berminyak . Jadi suka bingung aja gimana ya mau nyobain ke Lot 9 ini . Nah jadi saya 4x ketempat ini tapi ga pernah foto haha , pertama pas datang Arisan DeJait yaitu geng les jahit saya , ke 2-3 waktu meeting bersama teman saya , dan yang ke 4 waktu sama Isti , member saya yang tinggal di Condet , katanya sih mau foto2 aja .. asikk ada temen Jadi sebenernya kita kesini untuk keperluan foto Oriflame sih hih jadi ada beberapa yang saya tidak capture karena kita fokus foto2 diri sendiri aja , jadi ada beberapa yg saya ambil dari google ya .  Berikut laporan saya yg seadanya :D  Kalau kita jalan dari arah Total Buah , anda akan melihat sebuah plang dan 1 jalan masuk yang hanya muat untuk 1 mobil .  Plang tanda masuk  Nah jangan terkejut sodara2 begitu anda masuk , maka situasi akan berubah ... ciyee kaya satria baha hitam aja berubah wkwkw ,

Archita Desia #13 Top 15 Rawamangun 2017

Ga nyangka banget bisa jadi bagian dari Top 15 di tahun 2017 Tahun 2014 grup ku anjlok dari 4 kaki 21% + 5 dan 6 18% jadi 2 kaki 21% saja , kaki 5 dan 6 turun ke 9% . Jadi di tahun 2015 PR ku ini adalah menjadikan kaki 3 dan 4 ku kembali di angka 10.000 BP  Dan kerja keras itu berhasil di bulan December tahun 2015 kaki 3 dan 4 ku kembali di angka 10.000 . Pengennya sih tahun 2016 bisa membuat kaki 5 dan 6 21% tapi mentok di angka 12% 2-2 nya.  Tapi ternyata aku masih berkesempatan untuk jadi Top 15 di cabang Rawamangun , alhamdullilah seneng banget . Beginilah bisnis naik turun , jangan lihat leader dari enaknya doang , perjalannya bisnisnya pasti penuh cobaan ko. Tidak ada bisnis yg ongkang2 kaki heheh ...  Bagi yang belum paham Oriflame pasti bingung yah , apa itu 21% , 18% dan 12%  Itu adalah bagian dari Sucess Plan Oriflame  Cara bacanya gini :  Konsultan 3% adalah seorang member Oriflame yg punya penjualan grup minimal 200 BP . Penjualan grup itu b